by

Inilah 10 Berita HOAX Yang Pernah Menggemparkan Indonesia Dan Dunia

-Lifestyle-560 views

Topikhot.com, Lifestyle Di era digital seperti sekarang ini berbagai berita dari seluruh belahan dunia semakin diakses. begitupun dengan penyebarannya yang juga sangat mudah. Hanya perlu sekali clik maka seluruh dunia bisa tahu apa yang detik ini sendang terjadi di wilayah tersebut.

Namun kamu perlu berhati-hati saat akan menyebarkan berita-berita tertentu, jangan sampai berita yang kamu sebarkan adalah berita hoax yang justru nalah meresahkan masyarakat.

Oleh sebab itu sangat penting untuk menyaring berita-berita yang tersebar baik itu di internet maupun berita dari mulut ke mulut sebelum mencerna dan menyebarluaskannya. Namun tahukah kamu ternyata pada zaman dahulu juga banyak beredar berita hoax yang pernah mengguncang Indonesia dan dunia. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut Inilah 10 Berita HOAX Yang Pernah Menggemparkan Indonesia Dan Dunia.

  • 10 Berita HOAX Yang Pernah Menggemparkan Indonesia Dan Dunia

1. Space Creater

Kawah misterius muncul di Skotlandia dan Inggris Selatan pada tahun 1963, yang dipercaya dihasilkan oleh meteorit. Namun ternyata hal tersebut merupakan kabar hoax yang disebarkan John Southern Middlesex dan dua orang temannya. Rencananya mereka akan meninggalkan sebuah mobil di salah satu lubang tersebut dalam kondisi pintu mobil terbuka agar terkesan seperti penculikan yang dilakukan oleh alien. Namum rencana tersebut urung terlaksana sehingga hanya tersisa lubang-lubang galian saja.

2. The Six Flying Saucers Of Britain

Inggris pernah dihebohkan dengan peristiwa enam piring yang diklaim datang dari Mars, piring-piring tersebut berbunyi dan menimbulkan bau busuk yang menyengat. Bahkan dibutuhkan seorang insinyur untuk menemukan bahwa piring bukan bagian dari invasi Mars. Akhirnya pemerintah menemukan titik terang setelah Christopher Southall dan Roger Palmer mengaku sebagai aktor dibalik piring-piring tersebut. Christopher Southall dan Roger Palmer merupakan seorang mahasiswa teknik yang magang di Royal Aircraft Establishment pada tahun 1967.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH)

Mbah Embing seorang pria asal Malang, Jawa Timur pernah mengegerkan masyarakat Indonesia saat mengklaim telah menciptakan sebuah generator listrik yang tak perlu tenaga apapun untuk menghasilkan listrik. Generator tersebut disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH), bahkan Dahlan Iskan, yang saat itu menjabat sebagai Mentri BUMN sempat percaya tentang generator tersebut.

Namun kebohongan Mbah Embing akhirnya terbongkar dan ternyata ia menggunakan metode penyambungkan aliran listrik melalui bawah tanah ke generator tersebut sehingga terkesan tidak membutuhkan tenaga apapun untuk menggerakkannya.

4. Blinded After Taking LSD

Pada tahun 60-an obat-obatan terlarang berjenis Lysergyc Acid Diethylamide (LSD) manjadi idola karena dikenal paling ampuh untuk mengubah suasana hati. Hal tersebut akhirnya memunculkan kabar yang disebarkan oleh seorang pejabat negara di Pennsylvania yang pada tahun 1968 yang mengklaim bahwa enam pemuda menjadi buta setelah mengonsumsi LSD.

Banyak orang yang percaya dengan kabar hoax tersebut, namun setelah diselidiki ternyata tidak ada kasus pengguna LSD yang buta di Pennsylvania. Pemerintah segera mengumumkan bahwa cerita itu palsu dan pihak yang menyebarkan kabar tersebut akhirnya dipenjara. Sebenarnya hal itu bertujuan baik karena saat itu banyak remaja dan anak-anak yang nekad mengkonsumsi LSD.

5. Blue Energy

Blue Energy menggegerkan Indonesia dan dunia pada tahun 2008. Aktornya adalah seorang pria asal Nganjuk bernama Joko Suprapto, yang konon dapat mengubah air menjadi bahan bakar layaknya bensin sehingga menarik perhatian presiden SBY kala itu. Bahkan Presiden SBY kala itu telah mengumumkan akan mengembangkan teknologi ini kepada dunia saat konferensi internasional Global Warming di Bali.

Namun beberapa bulan kemudian sang penemu malah menghilang dan dianggap sebagai penipu oleh pihak dari Universitas Gadjah Mada, karena sempat meminta dana sekitar 3 milyar rupiah untuk mengembangkan proyek tersebut. Akhirnya Joko Suprapto ditangkap polisi dan dihukum pernjara selama 3,5 tahun.

6. Lunar Rocks

Pada tahun 1969 seorang warga Australia sukses menipu pemerintah dengan beberapa kumpulan batu yang ia klaim berasal dari bulan. Batu tersebut dipajang dan dijaga dengan ketat oleh beberapa petugas keamanan, batu tersebut menarik perhatian lebih dari 300 ahli sehingga menjadi berita yang menggemparkan. Namun setelah kabar tersebut sukses menggegerkan seluruh dunia, ternyata batu tersebut adalah bongkahan batu biasa yang dibuat oleh mahasiswa geologi pascasarjana yang telah mengumpulkan sampel dari Gunung Gambier.

7. Naked Came The Stranger

Pada 1960-an hampir semua novel yang diterbitkan di Amerika Serikat bertema tentang seks dan narkoba. Hal itu membuat seorang jurnalis bernama Mike McGrady memutuskan untuk membuat kebohongan besar tentang novel bergenre seka. Dia bersama 25 penulis lainya akhirnya menyusun novel yang kontroversial yang kemudian diterbitkan kepada perusahaan penerbitan buku bernama Penelope Ashe.

Buku tersebut berjudul Naked Came The Stranger, dan berhasil mendapat kontrak buku senilai US $135.000. Namun akhirnya kebohongan Mike McGrady sebagai pencipta buku tersebut terbongkar sehingga buku tersebut ditarik dari pasaran.

8. Nosy Car Mates And Flippant Answer Gone Wrong

Pada tahun 1964, seorang Mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di salah satu Universitas di Canberra mengerjai teman-temannya tentang botol misteri yang berisi bacilli tipus yang diklaim cukup untuk membunuh semua orang di Canberra. Kemudian dia mengatakan kepada teman-temannya bahwa dia terlibat dalam faksi perlucutan senjata nuklir. Setelah itu cerita tersebut bocor hingga ia ditangkap polisi dan dimintai keterangan. Akhirnya dia mengaku bahwa botol itu berisi cairan myxomatosis, yakni sebuah cairan yang mempengaruhi kelinci dan digunakan untuk pengendalian kelinci di Australia.

9. Iron Man Asal Bali

Seorang pria asal Bali bernama I Wayan Sumardana dijuluki sebagai manusia robot setelah berhasil membuat robot yang dapat membantu mempermudah aktivitasnya sehari-hari. Robot tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh akibat stroke. Pria tersebut menciptakan robot tersebut dengan menggunakan besi-besi bekas yang digerakan dengan bantuan sensor otak dan sistem EEG electroencephalography. Namun setelah diteliti oleh para ahli saraf, ternyata robot tersebut hoax dan hebatnya kabar tersebut sempat membuat namanya dikenal oleh dunia internasional.

10. Loco Space Trip

Kebradaan UFO memang selalu menjadi kabar yang menarik untuk diulas, salah satu orang yang termakan berita UFO palsu adalah Carroll Wayne Watts asal Loco, Texas, pada tahun 1968. Saat itu Watts memiliki seorang teman seniman yang memberinya foto UFO palsu, Agen Poker Terpercaya berkat foto tersebut ia menceritakan tentang kebohongannya tentang UFO. Ia mengaku telah melihat pesawat ruang angkasa besar dan kecil yang dijaga oleh alien abu-abu setinggi 122 centimeter dari Mars dan diajak jalan keluar angkasa. Namun akhirnya kabar bohongnya tersebut terkuak beberapa bulan kemudian.


Itulah 10 Berita HOAX Yang Pernah Menggemparkan Indonesia Dan Dunia. Kabar-kabar hoax tersebut beberapa diantaranya pernah menggemparkan masyarakat Indonesia sebelum akhirnya kebohongan mereka terbongkar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed