by

Pimpinan Pansus sangat yakin pasal definisi terorisme disepakati saat rapat 23 Mei

Topikhot.com, Politik Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Revisi UU Tindak Pidana Terorisme, Supiadin Aries Saputra, mengatakan pemabahasan revisi UU Terorisme hanya tinggal 1 pasal krusial, yakni defisini Terorisme. Dia meyakini pasa soal definisi terorisme tersebut akan disepakati dalam rapat kerja pada Rabu (23/5).

“Clear sudah tinggal 1 menyelesaikan ini tanggal 23 Insya Allah saya selaku Ketua Tim Perumus, 23 itu kita selesai karena tinggal itu saja definisi,” kata Supiadin di Resto Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (19/5).

Supiadin membantah, Pansus akhirnya mengebut pembahasan RUU Terorisme pascaserangkaian aksi teror yang terjadi di sejumlah lokasi di Indonesia. Dia menyebut tersisanya 1 pasal itu telah disepakati sebelum masa reses DPR.

Baca Juga : Bamsoet Tak Mau Lagi DPR di Sudutkan Soal RUU Antiterorisme

“Enggak juga sebelum reses tinggal 1 poin itu saja. Awam tidak paham suasana batin kita dalam membahas UU,” ujarnya.

Soal substansi definisi terorisme, Supiadin menjelaskan Pansus tidak boleh mengarah pada salah satu kelompok saja, semisal Islam. Sebab, terorisme tidak terkait dengan Islam.

“Jadi kita ingin tidak boleh definisi ini Agen Poker Online Salmonpoker.com mengarah pada sekelompok orang misalnya Islam. Karena teroris tidak identik dengan islam, itu pribadi tidak dalam konteks keagamanan,” tegasnya.

“Makanya kita buat komperhensif Sehingga siapapun nanti yang masuk dalam kriteria definisi itu yang kita katakan terorisme. Tidak boleh asal hajar saja,” sambung Supiadin.

Sumber : Merdeka.com

Comment

News Feed