by

Inilah Urutan Beberapa Versi Android Mulai Dari Awal Hingga Oreo Terbaru Lengkap

Topikhot.com, Android – Inilah Urutan Beberapa Versi Android Mulai Dari Awal Hingga Oreo Terbaru Lengkap – Android telah menjadi sistem operasi perangkat mobile yang sangat populer untuk saat ini. Berikut adalah beberapa versi urutan Android lengkap, mulai dari awal hingga Oreo yang paling terbaru.

Siapa yang nggak pernah pakai smartphone berbasis Android sih? Berdasarkan survei, Android pun menduduki puncak pertama sistem operasi mobile paling populer di seluruh dunia loh.

Tentu kalian sudah akrab dengan istilah makanan manis yang digunakan sebagai nama sistem operasi ini. Namun sudah tahu belum daftar lengkapnya? Makanya berikut Jaka ulas urutan versi Android hingga yang terbaru guys.


Urutan Versi Android Dari Awal Hingga Oreo  Terbaru Dan Lengkap


Android sendiri merupakan sistem operasi yang menggunakan basis kernel Linux. Sistem operasi yang dikembang untuk perangkat mobile ini, kini didukung sepenuhnya oleh Google guys.

Android sendiri erat kaitannya dengan istilah beberapa makanan manis. Makanya jangan heran sejak awal hingga saat ini, Android selalu menggunakan nama tersebut. Penasaran apa saja daftarnya?

1. Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta)

Kedua versi awal Android ini mungkin agak asing kamu dengarkan. Pasalnya versi Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta) ini belum diluncurkan secara publik untuk kebutuhan komersil.

Platform Android sendiri pertama kali diluncurkan pada September 2008 dengan andil Andy Rubin yang saat ini dikenal sebagai Bapak Android.

Walau belum menggunakan nama makanan manis, kedua sistem operasi Android ini tentu menjadi pionir. Pasalnya di sinilah Android berlmua lewat smartphone pertama, HTC Dream guys.

2. Android 1.5 Cupcake

Mulai dari versi ini, Android menggunakan nama makanan manis untuk setiap versi yang diluncurkan. Android 1.5 Cupcake sendiri dirilis pada tanggal 30 April 2009 dengan berbagai fitur di sebuah perangkat smartphone.

3. Android 1.6 Donut

Tentu pada awal perilisannya, sistem operasi Android tetap memiliki banyak bug yang pengembangnya perlu mengadakan perbaikan. Hal ini dilakukan pada Android 1.6 Donut yang dirilis pada 15 September 2009.

Ya, artinya belum genap setahun semenjak perilisan Android 1.5 Cupcake atau hanya berselang 5 bulan saja guys! Android pun menambahkan beberapa pembaruan, terutama dukungan pada layar smartphone yang lebih besar.

4. Android 2.0 – 2.1 Eclair

Sama seperti versi sebelumnya, Android 2.0 – 2.1 Eclair masih berfungsi untuk menutupi bug yang masih ditemukan pada sistem operasi mobile ini. Di samping itu, Android juga menambah berbagai fitur di dalamnya..

Mulai dari dukungan Bluetooth hingga fitur kamera yang mulai menjadi nilai jual smartphone kala itu. Android 2.0 – 2.1 Eclair digunakan pada perangkat seperti HTC Nexus One.

5. Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)

Mulai versi ini Android tampaknya sudah mulai dikenal luas oleh berbagai brand smartphone. Android 2.2 Frozen Yoghurt alias Froyo ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Mei 2010.

Walaupun sudah mulai dipergunakan pada beberapa brand, namun tetap saja Android masih kalah bersaing dengan Symbian yang mendominasi pasar featured phone.

Android 2.2 Froyo memberikan peningkatan pada kecepatan kerja, fitur USB tethering dan WiFi hotspot serta fitur keamanan guys.


Baca Juga : Ini Alasan Kenapa BOOM.ID Gagal Lolos Ke Putaran Final The International 2018


6. Android 2.3 Gingerbread

Belum setahun berselang lagi, Android 2.3 Gingerbread kembali diluncurkan pada Desember 2010 dengan berbagai peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terutama pada tampilan tatap muka alias user interface yang digunakan.

Mulai versi ini, banyak brand smartphone mulai melirik menggunakan sistem operasi Android. Salah satunya Samsung Galaxy series yang populer hingga saat ini.

7. Android 3.0 – 3.2 Honeycomb

Untuk para pengguna smartphone mungkin akan agak asing dengan versi Android yang satu ini. Android 3.0 – 3.2 Honeycomb yang menggunakan ikon lebah ini memang diperuntukkan penggunaannya untuk perangkat tablet.

Tentu perilisan Android 3.0 – 3.2 Honeycomb pada 10 Mei 2011 ini untuk mendukung Samsung yang mulai merilis perangkat tablet untuk menyaingi Apple iPad loh.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Selain itu, Android pun juga merilis versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang kembali diperuntukkan untuk perangkat smartphone. Android 4.0 Ice Cream Sandwich sendiri dirilis pada 19 Oktober 2011 silam.

Punya versi nama paling panjang hingga saat ini, Android 4.0 Ice Cream Sandwich memberikan banyak pembaruan. Mulai dari animasi yang semakin halus, sederhana dan mudah digunakan.

9. Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean

Peningkatan signifikan terasa saat menggunakan Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean. Sistem operasi ini sendiri pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor pengolahan grafis.

Dengan begini, tentu Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean bisa memberikan peningkatan fungsi pada user interface dan teknologi Vsync yang digunakannya.

10. Android 4.4 KitKat

Menggunakan nama brand cemilan terkenal, Android 4.4 KitKat pertama kali dirlis pada Oktober 2013. Versi Android ini pun bisa dikatakan menjadi favorit dari hampir keseluruhan pengguna smartphone di dunia guys.

Hal ini dikarenakan Android 4.4 KitKat dapat memberikan optimalisasi yang baik, termasuk pada perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni alias cukup rendah.

11. Android 5.0 – 5.1 Lollipop

Mulai beberapa versi ke belakang, Android dan Google pun mulai secara rutin memperbarui sistem operasi mereka dalam selang waktu setahun. Termasuk Android 5.0 – 5.1 Lollipop yang dirilis dan diresmikan pada Juni 2014.

Bisa dibilang Android 5.0 – 5.1 Lollipop menjadi pionir dibuatnya smartphone flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni.

Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB. Salah satunya ASUS Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM 4GB saat itu.

12. Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow menjadi suksesor dari versi Android sebelumnya. Sistem operasi ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015 dan mulai dirilis pada Oktober 2015 silam.

Sistem operasi ini secara jelas memberikan peningkatan pada sistem keamanan dengan dihadirkannya fingerprint sensor sebagai sistem keamanan biometrik yang digunakan.

Selain digunakan untuk mengunci layar, Judi Online fingerprint sensor ini dapat digunakan untuk otentikasi Google Play Store dan pembelian dengan menggunakan Android Pay.

13. Android 7.0 Nougat

Untuk saat ini, sistem operasi Android ini masih digunakan beberapa smartphone yang baru dirilis belakangan ini. Android 7.0 Nougat pertama kali diperkenalkan pada Juni 2016 dengan menampilkan ikon robot Android dengan batangan Nougat.

Sistem operasi Android 7.0 Nougat mengalami perubahan dari segi tampilan antarmuka. Selain itu ada juga fitur splitscreen untuk membagi tampilan layar untuk dua aplikasi sekaligus.

14. Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo menjadi sistem operasi Android paling terbaru hingga saat ini. Sistem operasi ini dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 dan sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1 Oreo yang terbaru.

Android 8.0 Oreo menjadi versi Android kedua yang menggunakan makanan manis dari nama brand setelah Android 4.4 KitKat.

Sistem operasi ini menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya. Selain itu ada juga Project Treble yang memungkinkan pengguna mendapat pembaruan lebih cepat.

Comment

News Feed