by

Mantap !! 5 Makhluk Mitologi Ini Yang Berasal Dari Alquran

-Aneh-409 views

Topikhot.com, Aneh Anda suka Nonton Film ? Pastinya, kamu nggak asing dengan Mitologi Yunani. Makhluk yang muncul di Film identik dengan legenda dan memiliki wujud serta kemampuan yang sangat fantastis.

Ternyata, dalam kitab suci Alquran serta hadis juga terdapat makhluk mitologi, lho. Mau tahu apa aja? Cek artikel di bawah ini, ya!

5 Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran

1. Buraq

Pertama adalah Buraq. Makhluk mitologi ini merupakan tunggangan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Aqsa ke Mi’raj saat peristiwa Isra Mi’raj. Mahkluk bersayap dan bertelinga panjang ini dibawa oleh Malaikat Jibril ini memiliki wajah yang rupawan serta badan yang sangat besar.

2. Dabbat Al-Ard

Selanjutnya adalah Dabbat Al-Ard yang kemunculannya sebagai tanda akan terjadinya hari kiamat. Disebut juga dengan D bbatul Ardh, ia merupakan frasa yang artinya binatang buas atau monster lalu muncul dari perut bumi. Mahkluk ini akan muncul di kota Mekkah setelah peristiwa terbitnya matahari dari barat ke timur dengan membawa membawa tongkat Nabi Musa dan mengenakan cincin Nabi Sulaiman.

Ibnu Jurayj mengatakan bahwa Ibnu Zubair mengatakan mahkluk ini secara detail seperti kepala menyerupai kerbau, mata yang mirip mata babi, telinga seperti telinga gajah, bertanduk seperti rusa jantan, memiliki leher seperti leher burung unta, dada menyepupai bentuk dada singa, warna kulit seperti harimau, panggul seperti kucing, ekor mirip ekor biri-biri jantan dan memiliki kaki seperti kaki unta.

3. Burung Anqa

Makhluk mitologi dalam Alquran lainnya adalah burung Anqa. Burung misterius ini dikisahkan al-Kisa’i, ia mengatakan bahwa burung ini terdapat di zaman Nabi Hanzhalah dengan umatnya yang disebut Ashab ar-Rass. Sang Nabi pernah berhasil membunuh burung ini dengan meminta doa pada Tuhan supaya mati dan keturunannya diputuskan.

Sejauh ini, burung Anqa sering diidentikan dengan burung Phoenix dari Mesir Kuno dan burung Simurgh dari Persia. Menurut manuskrip kuno dari Timur Tengah, burung Anqa disebut memiliki ukuran yang besar dan sanggup membawa seekor gajah dengan cakarnya yang tajam. Selain itu, burung Anqa dipercaya sebagai makhluk mulia ciptaan Tuhan.

4. Harisy

Ada pula mahkluk mitologi bernama Harisy. Mahkluk ini memiliki wujud menyerupai kalajengking berukuran sangat besar. Begitu besarnya, kepala dari mahkluk ini berada di langit ke-tujuh sementara ekornya berada di dasar bumi paling dalam. Ia akan muncul pada Hari Kiamat untuk mencari lima golongan manusia, yaitu golongan orang-orang yang meninggalkan salat, meninggalkan zakat, meminum khamar, memakan riba dan golongan orang-orang yang suka membicarakan masalah dunia di mesjid untuk dimakan oleh Harisy dan dibawa ke neraka.

5. Azazil

Sebelum diciptakan Nabi Adam, Azazil merupakan imam dari para malaikat dengan wajah rupawan dan memiliki empat sayap. Namun, ia tidak menuruti perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam, kemudian Azazil diubah menjadi sosok yang menyeramkan dengan Judi Poker Online kepala menyerupai unta, dada dengan daging yang menonjol di atas punggung, wajah seperti kera dan kedua mata yang terbelah di sepanjang permukaan wajah.

Kelima makhluk di atas terdapat dalam ajaran Islam dan disebutkan dalam Alquran dan Hadis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed