by

Panduan Bermain Dengan Hero Dota 2: Winter Wyvern

-Games-234 views

Topikhot.com, Berita Dota 2 – Panduan Bermain Dengan Hero Dota 2: Winter Wyvern – Winter Wyvern adalah sang hero jarak jauh dengan kemampuan disengage dan counter-initiation yang sangat baik. Skill set yang ia miliki membuatnya sangat efektif menghadapi hero melee, dan terutama mengandalakn serangan fisik. Tidak cuma itu saja, ia juga mempunya burst damage, slow, serta kemampuan harass yang cukup kuat untuk early game.

Hero ini sering digunakan sebagai support garis belakang untuk menjaga timnya dari sergapan lawan. Karena itu hero ini memerlukan kemampuan positioning yang sangat bagus agar bisa dimainkan dengan efektif, terutama di mid dan late game.

Kelebihan

  • Efektif menghadapi serangan fisik
  • Attribute gain yang bagus
  • Tidak bergantung pada item
  • Punya waveclear yang cukup kuat

Kekurangan

  • Kurang efektif menghadapi lineup yang fokus pada magic damage
  • Mobilitas yang cukup buruk
  • Movement speed yang buruk

Skill Set

1. Arctic Burn

Winter Wyvern terbang ke udara, mendapatkan free pathing serta memberikannya 400 night vision. Selama beberapa detik. Selama berada dalam efek spell ini, Winter Wyvern mendapatkan bonus attack range dan tiap serangannya memberikan slow serta damage per second sesuai jumlah HP lawan yang diserang.

Jika menggunakan Aghanim’s Scepter, menjadi toggle ability, alias bisa diaktifkan sesuka hati, namun menggunakan mana tiap detiknya.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern arctic burn

  • Bonus jarak serang: 350/425/500/575
  • Bonus projectile speed serangan: 500
  • Bonus night vision: 400
  • Damage per detik: 6%/7%/8%/9% dari HP lawan
  • Slow: 22%/28%/34%/40%
  • Durasi debuff: 5 detik
  • Durasi spell: 8 detik (tidak terbatas dengan Aghanim)
  • Cooldown: 50/40/30/20 detik
  • Mana cost: 90 (40 per detik dengan Aghanim)

Arctic Burn adalah salah satu spell terbaik Winter Wyvern untuk melakukan harass. Menghadapi hero dengan HP yang besar, spell ini bisa menghasilkan damage yang cukup besar di early game. Tidak cuma itu, free pathing yang diberikan juga memungkinkan kamu kabur dari situasi genting menghadapi lawan yang tidak punya mobilitas.

2. Splinter Blast

Winter Wyvern menembakkan bola es ke satu target lawan. Ketika mengenai target, bola es tersebut akan pecah dan menyebar ke lawan di sekitarnya. Lawan yang terkena pecahan tersebut akan menerima damage serta slow selamat beberapa detik.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern splinter blast

  • Jarak cast: 1200
  • Radius pencarian: 500
  • Damage: 100/180/260/340
  • Movement speed slow: 30%
  • Durasi slow: 4 detik
  • Cooldown: 7 detik
  • Mana cost: 105/120/135/150

Splinter Blast punya banyak kegunaan. Sama seperti Arctic Burn, spell ini juga bisa jadi alat untuk melakukan harass atau membunuh lawan. Tidak cuma itu, spell ini juga bisa digunakan untuk melakukan farming atau waveclear.

3. Cold Embrace

Winter Wyvern membekukan rekan setimnya, baik itu creep atau hero. Unit yang dibekukan tidak bisa bergerak, menyerang, menggunakan item maupun spell. Sebagai gantinya, rekan setim tersebut tidak akan menerima damage dari serangan fisik serta menerima heal berdasarkan jumlah HP maksimalnya.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern cold embrace

  • Jarak cast: 1000
  • Base heal: 10 per detik
  • Bonus heal per detik: 3%/4%/5%/6%
  • Durasi: 4 detik
  • Cooldown: 24/21/18/15 detik
  • Mana cost: 75

Cold Embrace adalah salah satu spell yang menjadi counter menghadapi serangan fisik. Namun perhatikan situasi penggunaannya karena selama membeku rekan setimmu tidak bisa melakukan apa-apa. Artinya jika lawan punya magic damage, ia tidak bisa melakukan apa-apa untuk bertahan.

Ada satu trik yang bisa kamu lakukan memanfaatkan Cold Embrace. Saat melakukan push, kamu bisa menggunakan Cold Embrace ke creep yang menerima damage dari tower. Dengan begitu towertersebut akan tidak menghasilkan damage selama empat detik penuh, sementara creep yang lain bisa menyerang dengan bebas.

4. Winter’s Curse

Winter Wyvern membekukan satu lawan. Selama dibekukan, lawan lain yang ada di sekitarnya menyerang target tersebut dengan attack speed yang tinggi. Namun di saat yang sama kamu dan rekan setim kamu tidak bisa menghasilkan damage ke lawan yang beku tersebut.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern winters curse

  • Jarak cast: 800
  • Radius efek: 500
  • Damage reduction: 100%
  • Attack speed bonus untuk lawan di sekitar: 55
  • Durasi: 4/4,75/5,5
  • Cooldown: 80 detik
  • Mana cost: 250

Winter’s Curse adalah salah satu alasan besar mengapa kamu menggunakan Winter Wyvern. Spellini adalah alat counterinitiation yang sangat kuat. Ketika lawanmu ingin mengepung satu orang, kamu tinggal menggunakan spell ini ke lawan yang paling mudah mati. Tergantung siapa yang ada di sekitarnya, spell ini bisa membunuh satu target jika digunakan dengan tepat. Tantangannya jelas mencari momen yang tepat untuk menggunakan spell ini secara efektif.


Talent Tree

  • Level 25: Splinter Blast menghasilkan stun 2 detik atau +1,5 detik durasi Winter’s Curse
  • Level 20: -5 detik cooldown Cold Embrace atau +15% slow Arctic Burn
  • Level 15: +500 night vision atau +350HP
  • Level 10: +60 damage atau +90 gold per menit

Skill Build

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern-skill-build

Sebagian spell Winter Wyvern punya potensi scaling yang baik. Cold Embrace dan Arctic Burn punya efek yang berbasis persentase, sedangkan efek Winter’s Curse selalu tergantung pada positioninglawan.

Satu-satunya spell dengan fixed numbers dan tidak punya potensi scaling adalah Splinter Blast. Karena itu maksimalkan Splinter Blast secepat mungkin. Toh spell ini juga merupakan salah satu alat harasswaveclear, serta farming yang cukup efektif. Dengan memaksimalkan spell ini secepat mungkin kamu bisa mendapatkan level dan item yang kamu butuhkan untuk transisi ke mid dan late game.

Setelah itu umumnya kamu bisa melanjutkan ke Arctic Burn untuk mendapatkan cooldown serta damage yang lebih besar. Namun jika dibutuhkan, kamu bisa mengambil satu value point Cold Embrace.

Seperti biasa, ambil Winter’s Curse dan Talent tiap kali kamu bisa mengambilnya.


Item Build

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern-item-build

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan untuk Winter Wyvern di posisi support. Karena kemampuannya dalam scaling, hero ini biasanya dipasang sebagai hard support yang hanya memerlukan level.

Seperti biasa, beli ward serta regenerasi HP untuk awal permainan. Selain itu beli juga regenerasi mana seperti Clarity Potion atau Mango. Kamu akan sering menggunakan Splinter Blast dan Arctic Burn untuk melakukan harass atau melakukan last hit. Karena itu kamu ingin punya persediaan mana yang cukup selama berada di lane.

Sepatu pertama yang diperlukan Winter Wyvern adalah Arcane Boots. Sama seperti alasan di atas, Winter Wyvern memerlukan cukup mana untuk menggunakan spell terus menerus sepanjang early game. Kedua, komponen Arcane Boots ini akan kamu gunakan untuk membeli item utamamu.

Item utama ini jelas Aether Lens. Tugas utama kamu adalah menggunakan Winter’s Curse di saat yang tepat. Artinya kamu harus mencari posisi yang tepat agar kamu bisa menggunakan ultimate ini secara aman. Karena itulah bonus cast range dari spell ini akan sangat berguna. Kamu bisa berada di jarak yang cukup jauh sehingga tidak tertangkap oleh lawan yang tahu apa yang ingin kamu lakukan dan ingin mengincarmu segera.

Setelah itu, kamu bisa mengganti sepatu kamu dengan Tranquil Boots untuk tambahan regenerasi HP dan movement speed.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern-gameplay-3

Item mobilitas juga akan sangat membantu Winter Wyvern dalam mengambil posisi. Force Staff dan Blink Dagger memungkinkan kamu mengambil posisi yang lebih jauh lagi di belakang untuk melakukan Winter’s Curse. Dengan begitu kamu akan semakin sulit ditangkap.

Selain item yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa membeli Spirit Vessel untuk sustainability sepanjang permainan. Shadow Blade atau Glimmer Cape bisa jadi alternatif lain untuk Blink Dagger atau Force Staff. Ghost Scepter dan Aeon Disk adalah solusi ketika menghadapi lawan yang bisa mendekat dan mengincarmu. Lalu jika tim kamu butuh bantuan dalam melakukan push, kamu bisa membeli Meteor Hammer.


Gameplay

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern-gameplay-6

Winter Wyvern adalah laner yang cukup kuat karena punya dua spell untuk melakukan harass, yaitu Arctic Burn dan Splinter Blast. Karena punya dua spell tersebut, tugasmu adalah memberikan pressure ke lawan yang berusaha melakukan last hit.

Winter Wyvern hampir tidak punya mobilitas sama sekali. Karena itu tetap perhatikan posisi kamu ketika melakukan harass sepanjang early game.

Dapatkan level enam secepat mungkin untuk bisa mencapai potensi terbaikmu di early dan mid game. Jika tidak, kamu bisa jadi incaran yang terlalu mudah dibunuh karena kamu tertinggal cukup jauh dari segi level.

Dalam team fight, tugasmu adalah menjadi artileri di garis belakang dengan Arctic Burn dan Splinter Blast. Ketika ada rekan setim yang low, selamatkan dengan Cold Embrace, tapi pastikan rekan setim tersebut berada di posisi aman dan terhindar dari magic damage. Jika lawan terkumpul di satu area, kamu bisa menggunakan Winter’s Curse untuk menahan mereka di satu tempat.

Jangan terlalu pelit dan hanya menggunakan Winter’s Curse jika kamu bisa membunuh satu hero. Satu alasan kenapa spell ini sangat ditakuti adalah karena kemampuannya menahan lebih dari satu hero sekaligus serta bisa menembus BKB. Artinya kadang kamu harus menggunakan spell ini untuk menahan lawan tersebut dan memberikan tim kamu waktu untuk mengambil posisi yang lebih baik.

panduan-hero-dota-2-winter-wyvern-gameplay-1

Kapan kamu harus menggunakan Winter’s Curse adalah salah satu kunci dari permainan Winter Wyvern. Selain itu kamu juga harus memperhatikan posisimu agar tidak terbunuh. Ini dilakukan sambil tetap berkontribusi dengan tiga spell lain dalam satu team fight. Dengan kata lain, mengambil keputusan yang tepat adalah hal yang penting untuk hero ini.

Meskipun bermain sebagai support, Winter Wyvern adalah hero yang cukup mandiri dalam hal farming. Beberapa auto attack plus satu Splinter Blast bisa membersihkan satu creepwave dengan cepat. Karena itu jika permainan sedang melambat dan team fight tidak akan terjadi dalam waktu dekat, kamu bisa melakukan farm dan mendapatkan level dengan cepat menggunakan spell ini. Cukup perhatikan posisimu agar tidak tertangkap secara percuma.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed